Rabu, April 24, 2024

Setelah Firli Dicopot, Presiden Jokowi Tunjuk Orang Ini Sebagai Pengganti Sementara

JAKARTA, CTN.com –Setelah berfikir, akhirnya Presiden Joko Widodo yang sapaan akrabnya Jokowi, memutuskan pencopotan sementara jabatan Firli Bahuri dan digantikan oleh Namawi Pomolangi.

Pencopotan sementara tersebut menurut informasi yang dihimpung awak media bahwa demi kepentingan penyidikan pihak Polda Metro Jaya dalam mengusut kasus dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo (SYL)

Seperti yang dilangsir Tempo bahwa Presiden  Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) Pemberhentian Sementara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri pada Jumat malam, 24 November 2024.

Ketua KPK Firli Bahuri Tersangka, Diminta Mundur

“Sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana yang dikutip oleh Tempo pada Jumat, 24 November 2023.

Kepercayaan Presiden RI itu juga mengatakan Keppres ini ditandatangani oleh Presiden Jokowi di Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta pada Jumat sepulang kunjungan kerja (Kunker) dari Kalimantan Barat.

Firli Minta Dewas KPK Untuk Undur Pemeriksaannya Pada 8 November, Syamsuddin: Kelamaan

Polda Metro Jaya sebelumnya menetapkan Firli Bahuri sebagai tersangka pemerasan mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Ade Safri Simanjuntak mengatakan penetapan tersangka berdasarkan hasil gelar perkara.

“Dengan hasil ditemukannya bukti yang cukup untuk menetapkan saudara FB (Firli Bahuri) selaku Ketua KPK sebagai tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi,” ujar Ade di Polda Metro Jaya, Rabu, 22 November 2023 lalu

Banyak Fakta Terungkap Setelah Kediaman Ketua KPK Firli Diobok-obok Polisi

Sementara Jokowi terkait informasi penetapan tersangka Polda Metro Jaya kepada Firli Bahuri yang diduga telah melakukan pemerasan terhadap SYL beliau tak banyak bicara saat diminta komentar

 “Hormati semua proses hukum. Hormati semua proses hukum,” kata Jokowi di sela-sela kunjungannya di Kabupaten Biak Numfor, Papua, Kamis, 23 November 2023 lalu.

Dalam keterangannya di Kantor Kementerian Sekretaris Negara, Kompleks Istana Merdeka, pada Jumat, Ari Dwipayana mengatakan Kepres penggantian Firli Bahuri dan penunjukan ketua lembaga antirasuah secara sementara oleh Jokowi, sesuai dengan UU KPK No.19 tahun 2019 dan UU No.10 tahun 2015.

Dituding Memeras Eks Mentan SYL, Harta Milik Ketua KPK Berdasarkan LHKPN Tembus Puluhan Miliar

Ari mengatakan pergantian Firli secara permanen akan ditentukan sesuai perkembangan atau proses hukum yang berjalan.

“Dalam UU juga diatur, ketika menjadi terdakwa misalnya ada perubahan status dari pemberhentian sebagai tersangka itu,” katanya.

KABAR TERKAIT

TRENDING

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JANGAN LEWATKAN