Rabu, April 24, 2024

Penanaman Perdana Bibit Sayur, Kalapas Parepare Gandeng Kadis Ketahanan Pangan Guna Beri Edukasi WBP

PAREPARE, CTN.com –-Awal musim penghujan di Sulawesi Selatan, Lapas Kelas IIA Parepare gelar penanaman perdana bibit sayur di rumah kemandirian Sarana Asimilasi dan Edukasi Warga Binaan pemasyarakatan (WBP) pada hari Jumat (01/12/2023)

Kepala Lapas (Kalapas) IIA Parepare Totok Budiyanto Amd.IP, SH pada kegiatan tersebut telah menggandeng Kepala Dinas (Kadis) Ketahanan Pangan Kota Parepare.

WBP Lapas Kelas IIA Parepare Antusias Membaca Bersama Mahasiswa UNM Makassar

Totok Budiyanto yang didampingi oleh Kasie Kegiatan Kerja Abdullah, S.Pd, M.Si, Kasie Minkamtib Bahri, S.Sos, M.Si, Kasubsi Sarana Kerja Syamsul Alam, SH, MH melakukan penanaman perdana bibit sayur berupa lombok, terong, tomat dan kangkung.

Lapas Kelas IIA Parepare gelar pananaman perdana bibit sayur di rumah kemandirian Sarana Asimilasi dan Edukasi Warga Binaan pemasyarakatan (WBP) pada hari Jumat (01/12/2023)

Adapun bibit sayuran merupakan bantuan dari Kadis Ketahanan Pangan, sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama (PKS)

Pemanfaatan lahan perkebunan dan pertanian di Lapas IIA Parepare di peruntukan sebagai program pembinaan dan bimbingan kemandirian bagi WBP yang telah memenuhi persyaratan administrasi maupun substantif.

Peringati HUT Korpri ke-52 Tahun, Lapas Parepare Gelar Upacara Bersama Jajaran

Dimana penyelenggaraan Sarana Asimilasi Edukasi bagi warga binaan di Lapas Kelas IIA Parepare berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jendral Pemasyarakatan Nomor : PAS-403.PK.01.04.04 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE).

Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Lapas IIA Parepare merupakan tempat pembinaan bagi WBP untuk membentuk karakter mereka dengan cara mengajari bekerja di Sarana Asimilasi dan Edukasi juga tidak sembarangan.

Sebelumnya mereka harus melalui proses sidang TPP oleh Tim Pengamat Pemasyarakatan, persyaratannya yaitu berkelakuan baik dan tidak pernah melakukan pelanggaran.

Dapat Apresiasi Dari Tim Monev, Kalapas Parepare Berterimakasih ke Jajaran

Diketahui Sarana Asimilasi dan Edukasi menjadi wadah untuk membina dan mendidik WBP sebelum mereka keluar dan kembali ke masyarakat.

Kegiatan Rumah Kemandirian Sarana Asimilasi Edukasi Lapas IIA Parepare meliputi pertanian, perkebunan dan perikanan. Kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di bidang pertanian, perkebunan dan perikanan.

Dimana Kadis Ketahanan Pangan Kota Parepare telah banyak membantu program pembinaan dan bimbingan bagi warga binaan dengan menerjunkan pejabat fungsionalnya memberikan pendampingan dan penyuluhan bidang perkebunan di Lapas IIA Parepare secara berkelanjutan.

Dapat Apresiasi Dari Tim Monev, Kalapas Parepare Berterimakasih ke Jajaran

Hal ini, sebagai tindak lanjut dari Perjanjian Kerja Sama yang telah ditandatangani bersama. Selama ini tim penyuluh perkebunan dengan intens memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada warga binaan.

Kemudian Kadis Ketahanan Pangan Kota Parepare memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kalapas IIA Parepare beserta jajaran yang telah membuat terobosan baru dengan membangun inovasi

”Rumah Kemandirian Sarana Asimilasi Edukasi Lapas IIA Parepare”

Yang merupakan sentral program pembinaan dan bimbingan kemandirian bagi warga binaan bidang pertanian perkebunan perikanan. Sehingga hari ini awal musim penghujan bisa tanam perdana sayuran berupa lombok, terong, tomat dan kangkung. Semoga kedepannya hasilnya dapat memberikan manfaat bagi warga binaan sebagai upaya mewujudkan ketahanan pangan.

Masih ditempat yang sama Kalapas IIA Parepare menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kota Parepare, khususnya Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Parepare atas perhatian dan kepeduliannya terhadap warga binaan yang saat ini sedang menjalani masa pidananya.

Lapas Kelas IIA Parepare dan instansi terkait akan terus melakukan kerjasama dalam meningkatkan sinergitas dan kolaborasi untuk memberikan pelayanan pembinaan dan bimbingan terbaik kepada warga binaan pemasyarakatan mewujudkan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

KABAR TERKAIT

TRENDING

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JANGAN LEWATKAN