Rabu, April 24, 2024

Dalam Rangka Sambut Hari HAM Sedunia Yang ke-75, Lapas Parepare Gelar Donor Darah

PAREPARE, CYBERTIMURNEWS –Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Parepare telah sukses dilaksanakan giat donor darah dalam rangka menyambut hari Hak Asasi Manusia (Ham) Sedunia yang ke-75 tahun 2023 yang jatuh pada Minggu (10/12/2023).

Kegiatan tersebut digelar pada hari Rabu (06/12/2023) dan bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Parepare, dalam memperingati hari Ham Sedunia yang berada di bawah PBB serta Kementerian Hukum dan HAM RI (Kemenkumham RI).

Hal ini selaras dengan gerakan kemanusiaan. Donor darah dinilai sebagai kegiatan yang baik serta menyehatkan, selain dapat membantu sesama dan menyelamatkan banyak nyawa, kegiatan donor darah juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Manfaat yang pertama dari kegiatan donor darah adalah dapat munurunkan resiko kanker.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh PLH. Kepala Lapas IIA Parepare Bahri, S.Sos, M.Si. Dalam keterangannya

PLH. Kalapas IIA Parepare menyampaikan bahwa kegiatan donor darah yang dilaksanakan hari ini merupakan kegiatan menyambut Hari HAM SEDUNIA Ke-75 Tahun 2023,

Disamping itu kegiatan ini rutin partisipasi sosial dan kepedulian terhadap sesama dalam membantu masyarakat yang membutuhkan darah.

“Donor darah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan sirkulasi darah, mengurangi jumlah kolesterol jahat, meningkatkan produksi sel darah merah” ujar Bahri

Sebelum melakukan donor darah diharapkan seluruh peserta terlebih dulu mengisi formulir permohonan selanjutnya dilakukan observasi oleh petugas medis dengan melakukan pemeriksaan kesehatan dan wawancara kepada calon pendonor.

Pemeriksanaan dilakukan petugas PMI dan diarahkan langsung oleh petugas kesehatan dari Lapas IIA Parepare.

Adapun peserta kegiatan donor darah pada hari ini hanya dari petugas Lapas IIA Parepare dan Ibu Dharma Wanita Persatuan Lapas IIA Parepare dan masyarakat yang kebetulan mengunjungi keluarga di Lapas IIA Parepare.

Penanggung jawab kegiatan iyalah Ramlah, SH, MH selaku staf Urusan Kepegawaian dan Keuangan menyampaikan hasil pelaksanaan kegiatan donor dalam rangka memperingati Hari HAM SEDUNIA Ke-75 Tahun 2023 mendapatkan 23 kantong darah.

“Diharapkan kedepannya mendapatkan hasil yang lebih banyak lagi” ujar Ramlah

Seluruh pelaksanaan kegiatan berjalan lancar dan tertib serta tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Kepala Lapas IIA Parepare Totok Budiyanto, Amd.IP, SH mengucapkan banyak terima dab memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran yang telah peduli dan perhatiannya untuk membantu sesama yang membutuhkan melalui donor darah pada hari ini.

Lapas IIA Parepare terus berkomitmen meningkatkan mutu Pelayanan Publik Berbasis HAM dan mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM.

Diketahui, Hari HAM Sedunia atau Human Rights Day 2023 adalah peringatan ke-75 tahun, adapun tema Hari HAM Sedunia 2023 hingga asal-usul peringatannya tanggal 10 Desember. Mengutip situs resmi PBB,

Hari HAM Sedunia 2023 mengusung tema “Freedom, Equality and Justice for All” atau “Kebebasan, Kesetaraan dan Keadilan bagi Semua”.

Menurut situs Direktorat Jenderal Hak Asasi Manusia, Tema Nasional Hari HAM 2023 adalah “Harmoni Dalam Keberagaman”. Hari HAM Sedunia tahun ini berupaya untuk meningkatkan pengetahuan tentang hak asasi manusia, terutama di kalangan generasi muda serta menginspirasi masyarakat untuk menciptakan gerakan kemanusiaan bersama sambil memberdayakan mereka untuk memperjuangkan dan melindungi hak-hak mereka.

KABAR TERKAIT

TRENDING

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

JANGAN LEWATKAN